Welcome, visitor! [ Register | LoginRSS Feed

Jenis Property Kategori

Jenis Property Kategori

Commercial
Berdasarkan lokasinya, area komersial di menempati posisi strategis dalam Area suatu kawasan kota mandiri terdiri dari 3 kategori yaitu Main Boulevard, Artery Boulevard dan Community. Area komersil yang berada di Main Boulevard berupa deretan panjang komersil dengan luasan yang cukup besar yang terletak di boulevard utama, sedangkan untuk Artery Boulevard deretan komersial didalam lingkar hunian atau district. Sedangkan komersial Community umumnya terdapat diantara 2 cluster, hal ini memudahkan para penghuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Industrial
Pengembangan industrial (dimana keterkaitan pada suatu lokasi agak terbatas), maka permasalahan pokoknya adalah lokasi mana atau penetapan pengembangan gugusan mana yang menjanjikan pemanfaatkan regional terbaik. Sasaran dari strategi ini adalah:
a) menciptakan tata ruang kegiatan pengembangan yang seimbang terutama untuk menjangkau wilayah-wilayah potensial baru;
b) pada waktu yang sama membuka peluang partisipasi masyarakat setempat.

Selanjutnya industrial berkembang menjadi suatu Kawasan industri atau sering pula disebut industrial estate adalah suatu kawasan atau tempat pemusatan kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana seperti lahan dan lokasi yang strategis serta fasilitas penunjang lainnya, seperti listrik, air, telepon, jalan, tempat pembuangan limbah, yang telah disediakan oleh perusahaan pengelola kawasan industri. Semula, perusahaan pengelola kawasan industri tersebut hanya dikuasai oleh pemerintah (BUMN), tetapi sekarang perusahaan swasta pun telah banyak diberi izin untuk membuka atau mengelola kawasan industri tersebut.
Adapun tujuan dibentuknya suatu kawasan industri, antara lain sebagai berikut:
a. mempercepat pertumbuhan industri
b. memberikan kemudahan bagi kegiatan industri, misalnya lokasi, perizinan, sarana dan prasarana
c. mendorong kegiatan industri agar terpusat dan berlokasi di kawasan tersebut
d. menyediakan fasilitas lokasi industri yang berwawasan lingkungan.

Residential

Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau hunian yang dilengkapi dengan prasarana lingkungan yaitu kelengkapan dasar fisik lingkungan, misalnya penyediaan air minum, pembuangan sampah, tersedianya listrik, telepon, jalan, yang memungkinkan lingkungan pemukiman berfungsi sebagaimana mestinya.

(1) Memenuhi kebutuhan fisik dasar seperti temperatur lebih rendah dari udara di luar rumah, penerangan yang memadai, ventilasi yang nyaman, dan kebisingan 45-55 dB.(2) Memenuhi kebutuhan kejiwaan; (3) Melindungi penghuninya dari penularan penyakit menular yaitu memiliki penyediaan air bersih, sarana pembuangan sampah dan saluran pembuangan air limbah yang saniter dan memenuhi syarat kesehatan; serta (4) Melindungi penghuninya dari kemungkinan terjadinya kecelakaan dan bahaya kebakaran, seperti fondasi rumah yang kokoh, tangga yang tidak curam, bahaya kebakaran karena arus pendek listrik, keracunan, bahkan dari ancaman kecelakaan lalu lintas.  Jenis Property Kategori

jenis-property-kategori

jenis-property-kategori

Leave a Reply